Change language to ...

6 Juli 2017

Cara Merakit Panel Surya Mini Sendiri

Halo sobat, kali ini kita akan bahas cara merakit panel surya mini sendiri di rumah. Jaman sekarang, kebutuhan energi listrik sangat besar. Hampir setiap aktivitas manusia tidak terlepas dari namanya listrik. Smartphone atau laptop/Computer yang sobat gunakan sekarang juga menggunakan listrik.

Pembangkit energi listrik di dunia kebanyakan berasal dari mesin diesel. Asap yang dihasilkan dari mesin diesel ini tidaklah ramah bagi lingkungan dan manusia. Apalagi bahan bakar yang digunakan juga berasal dari bahan yang tidak dapat diperbaharui, seperti minyak bumi atau batubara.
Namun ada juga pembangkit energi listrik yang ramah lingkungan. 

Salah satunya pembangkit listrik tenaga surya (PLTS). Sumber tenaganya berasal dari surya/cahaya matahari. Pambangkit listrik ini sangat cocok digunakan di indonesia karena paparan cahaya matahari selalu ada setiap hari.
Kali ini kita akan mencoba cara merakit panel surya mini sendiri di rumah. Listriknya kita dapat gunakan untuk mengecas smartphone kita atau sebagai sumber listrik bagi lampu darurat di rumah kita.

Bahan:
Untuk membuatnya, kita siapkan bahannya. 

  1. Pertama siapkan beberapa panel surya mini yang ukurannya bebas. Kalau yang saya ukurannya 11 cm x 8 cm sebanyak 4 panel. Setiap panel menghasilkan listrik 6 volt dan kuat arusnya sebesar 180 mA. Kalau bisa panelnya lebih besar dan banyak sehingga listrik yang dihasilkan besar.
    Panel surya
  2. Kedua kita siapkan aki. Aki disini digunakan sebagai tempat menyimpankan listrik yang dari panel tadi. Untuk akinya bebas, mau aki baru atau aki bekas. Kalau yang bekas, pastikan aki masih berfungsi dan tidak soak.
    Aki
  3. Ketiga kita siapkan Step Up Dc to Dc xl6009. Alat ini berfungsi sebagai penaik besar listrik dan penstabil listrik. Untuk membelinya, sobat dapat mencarinya di toko online dengan kata kunci "xl6009".
    Step up dc to dc xl6009
  4. Keempat kita siapkan kabel. Untuk fungsi kabel sobat pasti sudah tau dan tidak perlu dijelaskan lagi.
  5. Kelima kita siapkan dioda yang amperenya kecil saja. Fungsi dioda di sini sebagai pencegah arus balik dari aki ke Step Up Dc to Dc sehingga Step Up Dc to Dc tidak rusak. Dioda yang saya gunakan bertipe 1N5392. Untuk penjelasan lebih lanjut tentang dioda, baca postingan Dioda.
    Dioda
  6. Keenam kita siapkan lem.


Alat:
Jika keenam bahan sudah disiapkan. Kita siapkan juga alatnya.
  1. Pertama kita siapkan solder beserta kawat timahnya. 
  2. Kedua kita siapkan gunting.
  3. Ketiga lem tembak.
  4. Keempat siapkan multitester.
  5. Kelima siapkan juga obeng min.

Langkah-langkah:
Jika semua bahan dan alat sudah siap, ayo kita buat penel surya mininya.
  1. Pertama-tama kita satukan panel surya kecil tadi. Untuk menyatunya kita lem dengan lem tembak. Saat mengelemnya, usahakan lemnya tidak menyenai bagian depan panel surya yang berwarna biru. Kita juga bisa menggunakan papan triplek yang dilem antara sambungan panel untuk memperkokoh gabungan panel.
    Hasil setelah panel surya dirangkai
  2. Jika sudah selesai, kita sambungkan terminal panel ke terminal panel lainnya menggunakan kabel dengan cara disolder. Kali ini kita menyambungnya secara pararel agar kuat arus yang dihasilkan panel sangat besar. Jadi, kuat arus total listrik yang keluar dari 4 panel saya adalah 180mA x 4 = 720 mA.
    Skema penyolderan kabel
  3. Setelah itu, Kabel keluaran dari panel kita sambungkan dengan step up dc to dc di bagian innya. Kabel positif panel ke in+ dan kabel negatif ke in-.
  4. Jika sudah selesai, kita sambungkan Step Up Dc to Dc bagian out+ dengan kaki anoda dioda.
    Step up dc to dc disambungkan dengan dioda
  5. Jika sudah sampai tahap ini, sistem panel surya sobat baru setengah jadi. Sebelum melanjutkan ketahap berikutnya, kita harus mengecek besar listrik yang keluar dari step up dc to dc menggunakan multitester. Pastikan besaran listriknya lebih besar dari besaran listrik aki yakni sekitar 13 volt - 14 volt. Ini supaya listrik yang dari step up dapat masuk ke aki karena aki yang kita cas sebesar 12 volt. Namun jangan terlalu besar, takutnya dapat merusak aki. Untuk mengubah besaran listriknya, kita putar trimpot pada step up dengan obeng min.
  6. Setelah mengubah besaran listrik dari step up, kita sambungkan step up dengan aki. Kaki katoda dioda ke bagian positif aki. Bagian Out- step up ke bagian negatif aki.
Sekarang panel surya kita sudah bisa mengecas aki. Listrik dari aki dapat kita gunakan untuk berbagai hal. Sebagai sumber listrik bagi lampu emergency atau sumber listrik untuk mengecas smartphone kita pun bisa.

Baca juga: Merangkai Lampu LED Untuk Lampu Emergency

Berikut diagram prosesnya:
Diagram proses sistem panel surya

Jangan lupa juga, letakkan panel surya di luar rumah. Pastikan cahaya matahari dapat mengenai panel dan tidak ada yang menghalanginya.
Panel surya di rumah saya

Panel surya di rumah saya

Cara kerja panel surya mini kita adalah saat cahaya matahari mengenai panel, panel surya yang dipararelkan akan menghasilkan listrik sebesar 6 volt. Listrik yang kecil ini tidak dapat mengecas aki begitu saja. Kita butuh Step Up Dc to Dc untuk menaikkan listriknya. Listrik yang kita naikkan menjadi sebesar 13 volt - 14 volt sehingga aki dapat dicas dari listrik sebesar ini. Listrik yang tersimpan dalam aki dapat kita gunakan selanjutnya.

Sekian tulisan saya, semoga bermanfaat. Trimakasih...


11 komentar:

  1. pembahasan yang lengkap mengenai panel surya yang berkualitas untuk menghemat listrik memang sudah jamannya sekarang listrik dari tenaga surya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih pak Ibnu....
      Yaps bner sekali, kita sudah semestinya beralih ke listrik tenaga surya...

      Hapus
  2. Daya yg dikeluarkan ketika disusun paralel apa beda dengan yg diseri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jika diseri tegangan listrik yg bertambah dan kalau dipararel kuat arus yg bertamba, namun daya tetap sama.

      Hapus
  3. Pretty good post. I just stumbled upon your blog and wanted to say that I have really enjoyed reading your blog posts. Any way I'll be subscribing to your feed and I hope you post again soon. Big thanks for the useful info. Zonnepanelen kopen

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you for visiting my blog and enjoying it, I hope you often read other posts too

      Hapus
  4. Itu kalo gak pke control gak pke batery dan gx pke dc to dc..misal panel lgsung di hbngkan ke lampu led nyala gak om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menyala kok, tapi disambungkan resistor dahulu karena tegangan output dari panes Surya itu 6V sedangkan LED sekitar 3v, supaya LED-nya GK terbakar

      Hapus