Change language to ...

3 Maret 2016

Merangkai Lampu LED

Kali ini sobat akan merangkai lampu led yang berguna untuk lampu emergency. Lampu Emergency ini banyak gunanya, seperti saat padam listrik sobat dapat menyalakan lampu ini.

Selain itu lampu ini tidak berbahaya dari pada lampu lilin yang dapat menyebabkan kebakaran. Kan repot jika rumah sobat terbakar.

Oleh karena itu Lampu Emergency ini banyak gunanya. Untuk membuatnya sobat hanya perlu beberapa komponen elektronik yang sobat dapat belikan di toko elektronik.

Membuat lampu LED


Berikut Bahan-bahannya

1. Lampu LED 6 buah (Warna terserah tapi lebih baik warna putih)
2. Resistor 3 buah (40 Ohm)
3. Aki bekas 1 buah (12 Volt)
4. Kabel (Hitam dan Merah)
5. Penjepit buaya
6. Kawat solder
7. Papan PCB (Printed Circuit Board)

Kalau sobat tidak mau ngeluarin duit untuk membeli lampu led, sobat dapat temukan lampu led di senter atau lampu kepala. Kalau aki, usahakan aki bekas tapi masih berfungsi agar kelihatan sederhana.

Untuk alatnya sobat hanya membutuhkan

1. Solder
2. Gunting

Langka-langkah membuat lampu emergency

Satukan semua komponen (LED, Resistor, Akidi papan PCB dengan solder. Usahakan sesuai dengan skema rangkaian dibawah ini, kalau tidak sesuia hasilnya juga tidak sesuai.
Rangkaian Lampu LED
Sumber: http://spedaontel.wordpress.com
Jika sudah menyatukan semua komponen dengan benar, sambungkan kabel ke rangkaian. Cara menyambungnya, kabel hitam ke Negatif yang posisinya ada di sebelah kanan resistor dan kabel merah di sebelah kiri Lampu LED (lihat tanda + dan - di rangkaian diatas).

Jika kabel hitam dan putih sudah tersambung dengan rangkaian, pasang penjepit buaya di ujung lainnya kabel. Penjepit buaya berfungsi untuk penyambung rangkaian dengan aki melalui kabel.

Kalau sobat sudah sampai tahap ini, lampu emergency dari LED sobat sembilan puluh persen sudah jadi. Tetapi sebaiknya sobat coba terlebih dahulu rangkaian yang sobat rakit.

Jika lampu menyala, berarti rangkaian sobat berhasil, dan jika tidak berarti ada yang salah dalam perakitannya. Selain itu, letakkan rangkaian ini ke suatu tempat atau wadah seperti toples agar komponen dan kabelnya tidak kemana-mana.

Jika rangkaian sobat berhasil, sobat dapat meletakkan rangkaian tersebut dimana saja asalkan tidak terkena air. Sobat dapat meletaknya di kamar tidur sobat, ruang tamu, kamar mandi sehingga jika ada pemadaman listrik sobat dapat menyalakan lampu tersebut.

Selain itu, sobat yang hobinya Camping dapat membawa lampu ini untuk penerangannya. Sekian dari saya, selamat mencoba.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar