Change language to ...

8 Maret 2016

Apa Sih Gerhana Matahari?

Proses Terjadinya Gerhana Matahari

Gerhana Matahari 9 maret 2016
Sumber: https://www.nasa.gov

Di Indonesia sedang heboh hebohnya berita tentang gerhana matahari total yang terjadi pada tanggal 9 Maret 2016. Bagaimana terjadinya matahari? Gerhana matahari terjadi saat bumi bulan dan matahari dalam keadaan garis lurus. Ini mengakibatkan cahaya matahari terhalang oleh bulan dan membentuk banyangan di bumi. 

Pada banyangan ini lah di bumi menjadi gelap saat gerhana matahari terjadi.
Proses terjadinya gerhana matahari
Sumber: http://techno.okezone.com/

Jenis Jenis Gerhana Matahari

1. Gerhana matahari total

Gerhana total jerjadi apabila piringan matahari ditutupi total oleh piringan bulan. Piringan matahari sama besar dengan piringan bulan. Gerhana matahari ini mengakibatkan matahari tidak terlihat karena ditutup oleh bulan.
Sumber: www.theguardian.com

2. Gerhana matahari sebagian

Gerhana matahari sebagian terjadi apabila saat puncak gerhana, piringan bulan hanya menutup sebagian dari piringan Matahari. Pada gerhana ini, pasti ada piringan matahari yang terlihat.
Sumber: www.carasaya.info

3. Gerhana matahari cincin

Terjadi apabila piringan bulan (saat puncak gerhana) hanya menutup sebagian dari piringan matahari. Gerhana jenis ini terjadi bila ukuran piringan bulan lebih kecil dari piringan matahari. 

Sehingga ketika piringan bulan berada di depan piringan matahari, tidak seluruh piringan matahari akan tertutup oleh piringan bulan. Bagian piringan matahari yang tidak tertutup oleh piringan bulan, berada di sekeliling piringan bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.
Gerhana matahari cincin
Sumber: news.hargatop.com

4. Gerhana matahari hibrida

Bergeser antara gerhana total dan cincin. Pada titik tertentu di permukaan bumi, gerhana ini muncul sebagai gerhana total, sedangkan pada titik-titik lain muncul sebagai gerhana cincin. Gerhana hibrida relatif jarang. 

Berapa Lama Gerhana Matahari Berlangsung?

Gerhana matahari berlangsung tidak melebihi 7 menit 40 detik. Selain itu, sobat  sebaiknya tidak melihat gerhana matahari secara langsung. Mengapa? karena pada saat menutup dan membuka gerhana matahari, akan menghasilkan cahaya menyilaukan.

Baca juga: Cara Merakit Panel Surya Sendiri

Cahaya ini muncul secara tiba-tiba dan dapat mengakibatkan retina  mata kita menjadi rusak. Oleh sebab itu, sebaiknya sobat tidak melihat gerhana matahari secara langsung.

Bagaimana Cara Melihat Gerhana Matahari

Untuk melihat gerhana matahari, sobat harus menggunakan kacamata filter gerhana matahari. Namun kacamata ini biasanya berbayar.
Kacamata Gerhana Matahari
Sumber: http://astronomiinfo.blogspot.com

Tapi tenang, sobat dapat membuat kacamata ini sendiri. Sobat  dapat menggunakan Klise Foto sebagai filternya dan kardus sebagai penyanggahnya. Sobat potong kardus menyerupai kaca mata, setelah itu, pasang klise foto sebagai kacanya.
Perhatian: Tebal klise foto harus 3 lapis agar mata benar benar terlindung.
Klise Foto
Sumber: alfiaistory.blogspot.co.id

1 komentar:

  1. Menarik, terus untuk fenomena banjir saat gerhana matahari total di Bangka, dapat dijelaskan?

    BalasHapus