Change language to ...

18 Juli 2015

Cara Mudah Menghafal Rumus Fisika

Pelajaran fisika identik dengan rumusnya, Sehingga banyak orang yang enggan belajar fisika karena dianggap sulit. Oleh karena itu, saya akan memberi tips kepada sobat cara mudah menghafal rumus fisika.
Rumus Fisika

Cara Mudah Menghafal Rumus Fisika

Sebenarnya, fungsi rumus di gunakan untuk mempermudah sobat menemukan hasil hitung yang di cari. Sehingga waktu yang di gunakan akan lebih singkat. Kali ini sobat akan mendapatkan 2 tips dan berikut tipsnya.

1. Membuat cerita unik setiap huruf, angka atau simbol rumus

Cara ini sebenarnya cukup sederhana, sobat hanya perlu mengubah isi rumus menjadi cerita uniknya. Misalkan sobat ingin menghafal rumus mencari Gaya "F = m.a". Maka sobat dapat mengubahnya menjadi sebuah cerita unik seperti 'Fina makan ayam' atau 'Fisika makin asyik'.

Sobat dapat mengubah semua rumus fisika menjadi sebuah cerita unik sesuai kreatifitas otak sobat.

2. Membuat warna-warni pada rumus fisika

Cara ini memerlukan buku dan spidol warna-warni seperti merah, hijau, biru, kuning dan sebagainya. Siapkan sebuah rumus yang sobat ingin hafalkan, misalkan rumus mencari kelajuan "v = s / t".

Jadi sobat tulis simbol-simbol rumus kelajuan tersebut di buku menggunakan spidol warna-warni sobat.

Simbol v menggunakan spidol berwarna merah, simbol = s menggunakan spidol berwarna biru dan simbol / t menggunakan spidol berwarna hijau semuanya sesuai keinginan sobat.
Maka hasilnya menjadi seperti ini:
Cara menghafal ini akan menyeimbangkan otak sobat kiri dan kanan, otak yang kiri akan menyimpan isi pada rumus dan otak kanan akan menyimpan warna pada rumus.

Jadi, otak kiri dan otak kanan akan berkerja sama sehingga sobat akan lebih mudah menghafal rumus fisika.
Note: Sebenarnya rumus tidak untuk dihafal yang telah membuat kita pusing, tetapi rumus digunakan untuk mempermudah kita dalam belajar agar kita tidak pusing.

2 komentar: