Change language to ...

6 Juli 2015

Cara Memasukan Telur ke Dalam Botol

Memasukkan Telur
Eksperimen cara memasukan telur ke dalam botol sangatlah sederhana, sobat dapat mencobanya di rumah. Mungkin sobat bertanya, apakah bisa telur dapat masuk ke dalam botol?

Apalagi mulut botol lebih kecil daripada ukuran telur. Tapi secara fisika, memasukkan telur ke dalam botol ialah hal yang mudah. Tidak percaya? Mari kita lihat langkah pembuatan di bawah ini.

Alat dan Bahan-bahan
  1. Sebutir telur ayam rebus dengan kulit yang sudah dikupas.
  2. Botol dengan diameter mulut yang cukup luas namun tidak dapat dilalui telur.
  3. Selembar Kertas.
  4. Korek api.
Cara pembuatan
  1. Siapkan botol yang akan sobat gunakan.
  2. Bakar kertas dengan korek api.
  3. Dengan cepat, masukan kertas yang sudah dibakar ke dalam botol, usahakan api masih menyala jika sudah dimasukan ke dalam botol.
  4. Jika kertas sudah di masukkan ke dalam botol, letakkan telur di atas mulut botol.

Apa yang terjadi
Secara perlahan-lahan telur masuk ke dalam botol.

Mengapa?
Ini terjadi karena perbedaan tekanan udara di dalam dan diluar botol. Tekanan di dalam botol lebih rendah akibat proses pembakaran yang terjadi di dalam botol. Proses ini telah menghabiskan mol Oksigen sesuai dengan jumlah yang diperlukan.

Pada saat kertas telah terbakar dimasukkan kedalam botol, api yang menyala terus menerus menghabiskan jumlah  mol oksigen yang ada didalam botol. Akibatnya, mol Oksigen didalam botol habis.

Sebagai yang telah diketahui, jumlah mol sebanding dengan tekanan ( pV = nRT). Maka pada saat mol Oksigen habis, tekanan yang terdapat di dalam botol menurun. Hal ini menyebabkan tekanan di luar botol lebih tinggi.

Karena lebih tinggi, tekanan di luar botol mendorong telur untuk dapat masuk ke dalam botol.

1 komentar: