Change language to ...

29 September 2018

Lebih Ringan Mana Menarik Benda dengan Tali Panjang atau Tali Pendek?

Hai Sobat Laoli!
Kembali lagi di blog yang sederhana saya ini. Kali ini saya ingin berbagi ilmu fisika bersama sobat semua. Judul artikel ini cukup menarik, yakni lebih ringan mana menarik benda dengan tali panjang atau pendek? Judul artikel ini adalah sebuah pertanyaan yang saya buat untuk sobat semua. Menurut sobat apa jawabannya? Daripada penasaran, baca terus artikel ini.

Kalau kita menarik benda tentu kita menggunakan tali. Talinya kita ikat ke benda tersebut lalu kita tarik. Tali yang digunakan pun bisa panjang ataupun tali yang pendek. Awalnya saya mengira kalau menarik benda dengan tali yang panjangnya berapa pun, tidak ada perbedaan ringan atau beratnya menarik benda tersebut.

Ternyata ada perbedaan ringan atau berat kalau kita menggunakan tali yang panjang atau pun yang pendek. Menurut sobat lebih ringan mana menarik benda dengan tali panjang atau tali pendek? Ayo kita analisis secara fisika.

Misalkan kita memiliki dua tali dengan ukuran 2 dan 3 meter. Karena lebih pendek daripada 3 meter, kita dapat menyebutkan bahwa tali 2 meter ini sebagai tali pendek dan tali 3 meter sebagai tali panjang. Kedua tali ini kita ikat pada sebuah mobil-mobilan.

Pertama-tama kita mencoba pada tali pendek dahulu. Kita ikat tali 2 meter pada mobil mobilan. Misalkan kita menarik tali dengan gaya sebesar 10 N dan tinggi lantai sampai pegangan adalah 1 m. Kalau diilustrasikan sebagai berikut.
Menarik Mobil-mobilan dengan Tali Pendek

Kalau kita perhatikan, tali, lantai, dan tinggi pegangan membentuk segitiga siku-siku. Kita dapat mencari besar sisi yang belum diketahui dengan Teorema Phytagoras. Sudut elevasi yang dibentuk tali dan lantai kita sebut saja sebagai θ. Maka kita dapatkan sin θ dan cos θ adalah berikut.
Nilai Sin θ dan Cos θ
Dengan penguraian vektor, besar gaya yang diterima mobil-mobilan yang ditarik dengan tali 3 meter adalah sebagai berikut.
$Fx=F\times\:cos\:θ$
$Fx=10\:N\times\frac{1}{2}\sqrt{3}$
$Fx=8,66\:Newton$
Jadi, gaya untuk menggerakkan mobil-mobilan tersebut ke kanan adalah 8,66 Newton.

Selanjutnya kita analisis jika menggunakan tali 3 meter (tali panjang). Tali 3 m tersebut kita ikat pada mobil-mobilan yang sama. Gaya tarik yang kita beri pada tali 3 meter sama seperti pada tali 2 meter. Tinggi lantai sampai pegangan sama juga, yakni 1 m. Kalau kita ilustrasikan sebagai berikut.
Menarik Mobil-mobilan dengan Tali Panjang

Sama halnya pada tali 2 meter, sudut yang dibentuk tali dan lantai kita sebut saja sebagai θ.  Kita juga dapat mencari sin θ dan cos θ dengan segitiga siku-siku. Maka kita dapatkan sin θ dan cos θ adalah berikut.
Nilai Sin θ dan Cos θ

Dengan penguraian vektor, besar gaya yang diterima mobil-mobilan yang ditarik dengan tali 3 meter adalah sebagai berikut.
$Fx=F\times\:cos\:θ$
$Fx=10\:N\times\frac{1}{3}\sqrt{8}$
$Fx=9,42\:Newton$
Jadi, gaya untuk menggerakkan mobil-mobilan tersebut ke kanan adalah 9,42 Newton.

Dari analisis di atas, mobil-mobilan yang ditarik tali panjang menerima gaya ke kanan lebih besar daripada mobil-mobilan yang ditarik dengan tali pendek. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa menarik benda dengan tali yang panjang lebih ringan dari pada tali pendek. Seru bukan belajar sambil bereksperimen fisika :). Baca terus artikel seru lainnya Blog Laoli!

#sman1koba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar